Baca Juga: Ruangojol.com | Pusat Informasi Transportasi Online

BEM FISIP UTB Lampung Hadiri Seminar Kontribusi Politik Mahasiswa Pada Pemilukada Lampung Di IAIN Raden Intan Lampung


Kamis, 21 November 2013 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tulang Bawang (UTB) Lampung menghadiri Seminar Kontribusi Politik Mahasiswa Pada Pemilukada Lampung Di IAIN Raden Intan Lampung.

Seminar ini di adakan oleh Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung, sebagai bentuk Kontribusi Mahasiswa yang ada di Lampung khusunya Kota Bandar Lampung untuk peran aktif Mahasiswa dalam Pemilihan Kepala Daerah Propinsi Lampung.

Salah satu Peran Mahasiswa dalam Pemilukada adalah sebagai Controlling (Kontrol Sosial Pemerintah) yaitu  Kalau kita menggambarkan piramida masyarakat dalam konteks kontrol sosial maka posisi mahasiswa sendiri sebenarnya berada pada Midle class (kelas pertengahan). Posisi “kelas tengah ini artinya mahasiswa ada berada pada posisi pertengahan antara penguasa dan masyakat. Ini sangat strategis. Mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasi masyarakat yang kepada penguasa, Mahasiswa adalah satu elemen masyarakat yang idealis dan akan siap membela hak-hak dan kepentingan masyakat Hati-hati mahasiswa  agar tidak terjebak oleh kepentingan Elit Politik ungkap Ibu Erlina, S.P.,M.H. pemateri dari KPU Kota Bandar Lampung.


Dr. M. Sidi Ritaudin, M. Ag Dosen PPI IAIN Raden Intan Lampung dalam Materinya juga mengungkapkan bahwa Partisipasi Politik Mahasiswa Paling tidak ada pada Posisi sebagai relawan, panitia, membantu pada kegiatan persiapan, Pelaksanaan dan penyelesaian selain itu, dapat juga menjadi pengamat, pemerhati, memberi pendidikan politik, dakwah politik yang tentu saja tidak provokatif, melainkan mendudukkan pada rel undang-undang dan peraturan.





Postingan terkait: